A. Definisi Multimedia :
Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Jadi Multimedia dapat diartikan :
“penggunaan media yang menyajikan gabungan dari berbagai elemen informasi seperti ; teks, audio, gambar, animasi, video, maupun grafik yang bertujuan menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan kepada pengguna.”
Dalam aspek yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Multimedia memiliki arti :
“penggunaan beberapa media yang ada di dalam komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, audio, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.”
Ø Adapun beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Menurut Rosch, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video.
2. Menurut Mc.Comick, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
3. Menurut Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
4. Menurut Hoftsetter, 2001 : Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai dapat berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
5. Menurut Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara atau musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
6. Menurut Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan antara teks,grafik,audio,animasi,dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.
7. Menurut Zeembry (2008) : Multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
Ø Sistem Multimedia
Sistem Multimedia adalah suatu sistem yang dapat mendukung secara terintegrasi penyimpanan, transmisi dan representasi sejumlah media digital berupa text, grafik, gambar, audio dan video melalui komputer.
Suatu sistem bisa dikatakan Sistem Multimedia apabila:
· Adanya kombinasi media : yaitu jika kedua jenis media (continuous/ Discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
· Adanya Independensi / Kemandirian dalam suatu sistem : yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.
· Komputer yang terintegrasi : Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer / user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
· Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
· Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.
Contoh: video converence dan video broadcast.
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Ø Struktur Multimedia dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
·Multimedia linear adalah suatu struktur multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial atau berurutan, dengan kata lain pengguna hanya akan menjadi penikmat / penonton atas apa yang disajikan. contohnya TV, majalah, radio, dsb .
·Multimedia interaktif adalah suatu struktur multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran, aplikasi game, dsb.
Ø Metode Penyajian Multimedia.
Menurut Green & Brown (2002) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
·Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
·Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
·Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape recorder, radio.
·Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
·Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
Ø Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia.
Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu:
· Bahasa pemrograman multimedia
· Perangkat lunak system multimedia
· Perangkat lunak aplikasi multimedia
B. Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terdiri dari beberapa komponen, berikut komponen – komponen yang ada pada Multimedia diantaranya adalah:
1. Teks
Teks merupakan komponen multimedia yang menjadi dasar dari pengelohan kata yang berguna untuk menyampaikan informasi.
2. Audio
Audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record ataupun efek–efek suara lainnya. Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi.
Misalnya narasi, berguna untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan melalui gerakan gambar atau video.
Audio memiliki berbagai macam format, diantaranya MP3, AAC, AIFF, wav, ogg, wma.
3. Gambar
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting Sebab sebuah gambar, pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih mudah dan indah.
4. Video
Video teknologi memproses gambar bergerak. Video terdiri atas live-video dan full-motion. Live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera, sedangkan Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip.
5. Animasi
Animasi dibuat dengan menggambar secara manual tiap frame per frame selama durasi animasi tersebut, untuk membuat ilusi gerakan.
Pergantian frame terus menerus ini membutuhkan kira-kira 25 frame tiap-detik (untuk animasi dengan kualitas standar).
6. Interaktive Link
Interaktif link diperlukan guna menggabungkan elemen-elemen multimedia sehingga menjadi informasi yang terpadu. Dimana pengguna bisa menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau teks dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktive link dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni :
· Struktur Linear : struktur menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna.
· Struktur Non-Linear : struktur yang terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
C. Kegunaan multimedia
Kegunaan multimedia dapat kita temukan banyak sekali dalam berbagai aspek. Berikut contohnya :
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis digunakan dalam presentasi, pemasaran, demonstrasi produk, katalog, maupun komunikasi jaringan.
2. Pusat Pendidikan
Fasilitas internet amat berguna untuk mencari bahan-bahan pendukung pembelajaran, merekam suara dosen sewaktu mengajar sehingga bisa mengulang pelajaran di rumah, pengiriman hasil tugas melalui
email langsung ke mailbox guru yang bersangkutan.
3. Tempat umum
Penggunaan sistem multimedia yang terdapat di stasiun, pusat perbelanjaan, museum, toko-toko, maupun di tempat umum lainnya biasanya berupa suatu bar yang memberikan informasi atau bantuan.
4. Bidang Kesehatan
Mempermudah pekerjaan Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien seperti melihat detak jantung, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X melalui monitor komputer.
5. Pengiriman Informasi
Dengan adanya teknologi multimedia, teknologi informasi yang mendukung dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat atau mengetahui suatu informasi, cukup lewat email atau media online lainnya, proses akan lebih cepat.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain dan diperhitungkan menggunakan program seperti CAD, SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Industri Perfilman
Semua kegiatan di dunia akting mulai dari penyootingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya pun dikembangkan menggunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Di kutip dari buku: “Konsep Dasar Multimedia” karangan: Bambang Eka Purnama
Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Jadi Multimedia dapat diartikan :
“penggunaan media yang menyajikan gabungan dari berbagai elemen informasi seperti ; teks, audio, gambar, animasi, video, maupun grafik yang bertujuan menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan kepada pengguna.”
Dalam aspek yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Multimedia memiliki arti :
“penggunaan beberapa media yang ada di dalam komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, audio, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.”
Ø Adapun beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Menurut Rosch, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video.
2. Menurut Mc.Comick, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
3. Menurut Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
4. Menurut Hoftsetter, 2001 : Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai dapat berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
5. Menurut Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara atau musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
6. Menurut Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan antara teks,grafik,audio,animasi,dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.
7. Menurut Zeembry (2008) : Multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
Ø Sistem Multimedia
Sistem Multimedia adalah suatu sistem yang dapat mendukung secara terintegrasi penyimpanan, transmisi dan representasi sejumlah media digital berupa text, grafik, gambar, audio dan video melalui komputer.
Suatu sistem bisa dikatakan Sistem Multimedia apabila:
· Adanya kombinasi media : yaitu jika kedua jenis media (continuous/ Discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
· Adanya Independensi / Kemandirian dalam suatu sistem : yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.
· Komputer yang terintegrasi : Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer / user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
· Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
· Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.
Contoh: video converence dan video broadcast.
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Ø Struktur Multimedia dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
·Multimedia linear adalah suatu struktur multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial atau berurutan, dengan kata lain pengguna hanya akan menjadi penikmat / penonton atas apa yang disajikan. contohnya TV, majalah, radio, dsb .
·Multimedia interaktif adalah suatu struktur multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran, aplikasi game, dsb.
Ø Metode Penyajian Multimedia.
Menurut Green & Brown (2002) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
·Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
·Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
·Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape recorder, radio.
·Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
·Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
Ø Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia.
Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu:
· Bahasa pemrograman multimedia
· Perangkat lunak system multimedia
· Perangkat lunak aplikasi multimedia
B. Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terdiri dari beberapa komponen, berikut komponen – komponen yang ada pada Multimedia diantaranya adalah:
1. Teks
Teks merupakan komponen multimedia yang menjadi dasar dari pengelohan kata yang berguna untuk menyampaikan informasi.
2. Audio
Audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record ataupun efek–efek suara lainnya. Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi.
Misalnya narasi, berguna untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan melalui gerakan gambar atau video.
Audio memiliki berbagai macam format, diantaranya MP3, AAC, AIFF, wav, ogg, wma.
3. Gambar
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting Sebab sebuah gambar, pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih mudah dan indah.
4. Video
Video teknologi memproses gambar bergerak. Video terdiri atas live-video dan full-motion. Live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera, sedangkan Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip.
5. Animasi
Animasi dibuat dengan menggambar secara manual tiap frame per frame selama durasi animasi tersebut, untuk membuat ilusi gerakan.
Pergantian frame terus menerus ini membutuhkan kira-kira 25 frame tiap-detik (untuk animasi dengan kualitas standar).
6. Interaktive Link
Interaktif link diperlukan guna menggabungkan elemen-elemen multimedia sehingga menjadi informasi yang terpadu. Dimana pengguna bisa menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau teks dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktive link dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni :
· Struktur Linear : struktur menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna.
· Struktur Non-Linear : struktur yang terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
C. Kegunaan multimedia
Kegunaan multimedia dapat kita temukan banyak sekali dalam berbagai aspek. Berikut contohnya :
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis digunakan dalam presentasi, pemasaran, demonstrasi produk, katalog, maupun komunikasi jaringan.
2. Pusat Pendidikan
Fasilitas internet amat berguna untuk mencari bahan-bahan pendukung pembelajaran, merekam suara dosen sewaktu mengajar sehingga bisa mengulang pelajaran di rumah, pengiriman hasil tugas melalui
email langsung ke mailbox guru yang bersangkutan.
3. Tempat umum
Penggunaan sistem multimedia yang terdapat di stasiun, pusat perbelanjaan, museum, toko-toko, maupun di tempat umum lainnya biasanya berupa suatu bar yang memberikan informasi atau bantuan.
4. Bidang Kesehatan
Mempermudah pekerjaan Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien seperti melihat detak jantung, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X melalui monitor komputer.
5. Pengiriman Informasi
Dengan adanya teknologi multimedia, teknologi informasi yang mendukung dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat atau mengetahui suatu informasi, cukup lewat email atau media online lainnya, proses akan lebih cepat.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain dan diperhitungkan menggunakan program seperti CAD, SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Industri Perfilman
Semua kegiatan di dunia akting mulai dari penyootingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya pun dikembangkan menggunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Di kutip dari buku: “Konsep Dasar Multimedia” karangan: Bambang Eka Purnama
Komentar
Posting Komentar